top of page

Mulai Bisnis di Instagram, Ga Akan Salah!

Sebelum membahas tentang cara membuat Instagram bisnis, terlebih dahulu kamu harus memahami bagaimana Instagram bisa membantu meningkatkan penjualan produk dari bisnismu. Yang pertama adalah fitur content insight yang memudahkanmu untuk memonitor aktivitas dan keterlibatan orang dengan postingan yang kamu buat. Dengan begitu kamu bisa melihat postingan mana yang bisa menjangkau banyak audience serta mengetahui alasan di balik kesuksesan postingan tersebut.

Yang kedua ada fitur audience insight dimana kamu bisa melihat demografi orang yang melihat setiap postinganmu entah itu di feed atau story. Audience insight membuatmu tahu persebaran usia, jenis kelamin, dan lokasi dari orang-orang yang melihat postinganmu. Dengan begitu kamu bisa menentukan waktu terbaik untuk mengunggah konten dan merencanakan konten yang menarik.

Yang ketiga ada fitur activity insight yang bisa membuat kamu tahu berapa jumlah action yang dilakukan orang-orang terhadap tautan yang kamu cantumkan pada postingan. Jumlah klik tombol untuk melihat profil, klik panggilan, email, dan maps juga akan ditampilkan. Sehingga kamu bisa menganalisa seberapa banyak audience yang dijangkau.

Cara membuat Instagram bisnis

Dengan beberapa fitur yang akan memudahkanmu mengontrol perkembangan bisnis yang kamu jalankan, kini saatnya beralih ke cara membuat Instagram bisnis. Sebenarnya langkah yang harus ditempuh sangat mudah. Terlebih bila kamu sudah memiliki akun Instagram sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama, masuk pada profil, kemudian klik Pengaturan/Setting. Pilihan ini ada pada pojok kanan atas profilmu. Lalu klik account.


















2. Selanjutnya, ubah akunmu menjadi Instagram bisnis dengan klik pilihan switch to business account. Klik continue, lalu pilih jenis bisnis yang kamu jalankan. Ada beberapa pilihan seperti Local Business, Personal Blog, Product/Service, Art,Musician/Band, dan masih banyak lagi.




3. Setelah itu klik next atau lanjutkan. Kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi apakah alamat email dan nomor telepon yang dicantumkan sudah sesuai atau belum. Hal ini untuk memudahkan calon pembeli menghubungi kamu untuk melakukan aktivitas transaksi.




















4. Langkah selanjutnya, kamu akan diminta untuk menyambungkan profil Instagram bisnismu ke laman Facebook. Jika tidak ada, bisa juga klik pilihan don’t connect to Facebook. Cara membuat Instagram bisnis ini berarti tidak menghubungkan dua platform media sosial tersebut.





















5. Sekarang, akun Instagram bisnismu sudah selesai. Promosikan bisnismu dengan memanfaatkan Instagram Stories dan Instagram TV untuk membuat konten yang menarik.

Setelah men-setting akunmu menjadi Instagram bisnis, selanjutnya bisa juga tambahkan Instagram Ads untuk meningkatkan traffic website, meningkatkan brand exposure, dan mengumpulkan leads baru. Instagram Ads adalah sebuah cara untuk menjaring audience yang lebih luas serta mendapatkan target yang sudah dispesifikkan. 81% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka tertarik untuk melakukan transaksi setelah melihat sebuah postingan.

Jadi, itulah cara membuat Instagram bisnis yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan. Tambahkan dengan Instagram Ads, bisnis yang kamu jalankan tentu akan semakin lancar dan berkembang. Selamat mencoba!

2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page