top of page

Menentukan Harga Jual Produk

Seringkali kita sebagai pemilik usaha kebingungan untuk menentukan harga jual suatu produk yang akan dipasarkan. Harga jual sangat berkaitan dengan tingakt penjualan dan tingkat keuntungan. Sehingga kita sebagai pemilik usaha harus lebih berhati – hati dalam nentukan harga jual agar diterima oleh masyarakat selaku konsumen dan menarik minat beli masyarakat.



Adapun Faktor – faktor yang Perlu Diperhatikan Dalam Menentukan Harga Jual :

1. Pelangan

Pelangan merupakan faktor penting dalam menentukan harga jual dan menjadi perioritas kita utuk menarik minat pelangan agar mau membeli produk kita. Sehingga, kita harus dapat menentukan harga sesuai dengan apa yang akan kita jual. Harga yang kita jual sama dengan kualitas yang akan kita berikan kepada pelangan. Maka, pelangan tidak akan merasa tertipu dengan apa yang kita jual.

2. Pesaing

Menentukan harga jual juga sangat perlu memperhatikan penetapan harga jual yang dilakukan oleh para pesaing dengan produk yang sama. Pastikan produk yang kita jual harus bersaing dengan produk persaing kita dan tentunya selain bersaing dengan harga pastikan produk anda juga bersaing dengan segi kualitas produk.

3. Biaya

Faktor ini merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual produk. Janga sampai, harga jual yang ditetapkan tidak dapat menutup biaya – biaya yang kita lakukan dalam proses produksi. Sehingga kita harus benar – benar jeli dalam menghitung biaya apa saja yang sudah terjadi. Sehingga, kita mendapatkan keuntungan dari produk yang kita jual.

4. Kemanfaatan untuk Usaha Anda

Faktor ini menentukan apakah harga jual yang kita keluarkan pantas atau tidak. Dinilai pantas jika harga dapat memberikan keuntungan sesuai dengan keuntungan yang diharapkan. Sehingga, dapat mempermudah kita sebagai pelaku usaha untuk lebih mengembangkan suatu usaha dan produk yang kita miliki.


Berikut dibawah ini video cara menghitung harga jual produk.


2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page